welcome to my blog

Kamis, 02 Juni 2011

Definisi Permintaan dan Penawaran

Hukum Permintaan (demand) dan penawaran (supply) sangat berlaku pada perekonomian, karena kedua hal ini akan saling berpengaruh terhadap satu sama lain. Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan ,penawaran dan kuantitas yang saling mempengaruhi.
A. Definisi Permintaan dan Penawaran
Permintaan : adalah sebuah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan Penawaran adalah sebuah barang yang dijual dan ditawarkan pada suatu harga tertentu.
B. Hukum Permintaan dan Penawaran
Permintaan : jumlah produk yang di minta berbanding terbalik dengan harga,maksudnya jika harga barang naik maka jumlah permintaannya akan turun dan sebaliknya. Kondisi ini bersifat ceteris paribus artinya semua factor yang mempengaruhi berlakunya hokum permintaan dianggap tetap.
Penawaran : jumlah produk yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga, maksudnya jika harga naik maka jumlah permintaan juga akan naik dan sebaliknya.
C. Analisis Matematis Permintaan dan Penawaran
Permintaan
Analisis ini berfungsi untuk menggambar dan memperhitungkan harga dan jumlah permintaan agar lebih mudah dan matematis. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
Ø Fungsi permintaan dituliskan : Qd = a-b.P
Dimana : Qd = jumlah barang yang diminta
a = konstanta
b = gradien garis
P = harga barang
Ø Rumus persamaan garis melalui dua titik
P – P1 Q – Q1
P2 – P1 Q2 – Q1
Penawaran
Ø Fungsi Penawaran dituliskan : Qs = -a + b . P
Dimana : Qs = jumlah barang yang ditawarkan
a = konstanta
b = gradient garis
P = harga barang
Ø Rumus persamaan garis melalui dua titik
P – P1 Q – Q1
P2 – P1 Q2 – Q1
D. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
Permintaan (Demand)
1. Perilaku Konsumen
Misalnya seperti sekarang ini Blackberry yang menjadi selera (kebanyakan dari konsumen suka dengan hp model blackberry),akan tetapi berapa tahun berikutnya belum tentu Blakcberry menjadi barang trend lagi.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Misal jika roti tawar tidak ada atau mungkin harganya menjadi semakin mahal maka barang seperti meisis,selai dan margarine akan turun permintaannya.
3. Pendapatan atau penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar maka ia akan dapat membeli banyak barnag yang diinginkannya, tetapi jika pendapatannya rendah maka ia akan mengirit semua pemakaian barang agar tidak terlalu sering membelinya.
4. Perkiraan harga di masa depan
Jika ada barang yang diperkirakan akan naik harganya maka orang akan cenderung membeli dan menimbunnya pada saat harga barang itu asih rendah. Contoh : BBM.
5. Banyaknya / intensitas kebutuhan konsumen
Misal pada saat flu burung dan flu babi menjadi sorotan masyarakat, maka produk masker pelindung akan sangat laris.
Penawaran (Suply)
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit namun dengan harga jual yan g lebih mahal, karena tidak mampu bersaing dengan barang yang sejenis dan takut produknya tidak laku terjual.
2. Tujuan perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjaual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual menjadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dengan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dan dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual menjadi lebih tinggi sehingga perusahaan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti / pelengkap
Jika di pasar ada produk pesaing sejenis yan harganya lebih murah maka konsumen akan beralih ke produk yang harganya lebih murah tersebut sehingga terjadi penurunan permintaan dan akhirnya penawaranpun dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan memepersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan atau menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai factor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share